Desa penghasil Garam di Jepara

Turnamen Foto Perjalanan menelusuri desa penghasil garam di Jepara. Mata saya menangkap event bagus yang ini. Langsung semangat mencari-cari foto yang bisa diikutkan ke event ini. Perjalanan saya menemukan event ini sudah dimulai sejak 8 Agustus 2012. Gila ya.. sudah sepanjang itu estafetnya dan saya baru tahu. Kemana saja saya?
Turnamen foto perjalanan #34: Kampung






Foto ini diambil di desa Panggung kecamatan Kedung kabupaten Jepara. Desa penghasil garam di Jepara. Masyarakatnya masih hidup sederhana. Seperti inilah jika musim hujan tiba. Bisa jadi usaha mereka mandeg atau waktu panen garam lebih lama. Musim rendeng adalah waktunya panen uang. Waktunya garam yang disimpan di rumah garam dibuka. Seperti celengan, rupiah pun keluar dan membuat hati berbunga.

Ini dia desa penghasil garam di Jepara



Suasana tambak garam jika musim hujan

Foto ini diikutkan Turnamen Foto Perjalanan #34 : Kampung oleh mbak Monda.

Posting Komentar

24 Komentar

  1. mantap mbak (Y)
    jarang2 ni di share gni

    BalasHapus
  2. Melihat ladang garam ini hatiku kok sendu ya, Mbak Susi. Habis kisah petaninya yang aku baca sedih terus sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sendu, dong. atau karena fotonya yang terlihat sendu ya?

      Hapus
  3. Saya tidak tahu berapa harga garam sekarang
    Semoga tetap bagus sehingga petani garam bisa meningkatkan taraf hidupnya
    Terima kasih artikelya yang informatif
    Di sekitar Surabaya juga banyak ladang garam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya harganya masih lumayan pakde. apalagi kalau musim penghujan gini. mirip emas putih. banyak yg berspekulasi menjual hanya pada musim penghujan. lawan spekulasi mereka adalah alam. banjir dan angin kencang yg merobohkan rumah garam. itu yang saya tahu. saya sering mendapat informasi pak ini menjual garam sekian puluh/ratus juta. saya hanya bisa ikut senang saja. tapi tak jarang ada pak itu yang kehilangan "emas putih" yang disimpan karena kebanjiran.

      Hapus
  4. saya baru tahu kalau di Jepara ada juga produsen garam. Setahu saya di Pati dan Madura. Dulu pernah ke Jepara ke pecangaan dan ke pantai bandengan. Jepara kaya sebenarnya. Tapi jalanan banyak yg rusak ya Mbak. Kangen ke Jepara lagi :) Terima kasih perjalanannya memperkaya ilmu Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Jepara ada banyak sentra industri. pertanian dan perikanan pun lengkap. mungkin karena bnyak, beberapa tidak terekspos.
      tambak garam di Jepara berada di jalan alternatif yang melalui kecamatan Wedung Demak. kurang terkenal dan jarang ada yang tahu karena jalannya selalu rusak.

      Hapus
  5. purwodadi juga ada..namanya desa Jono atau njono..dangaramnya itu bener2 uasin mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, di bledug kuwu itu to? fenomena alam ya.

      Hapus
  6. Iya, baru tau juga ttg desa penghasil garam di Jepara ini mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokasinya tidak berada di jalan utama ya mbak. padahal luas banget loh. salah satu penyumbang produksi garam.

      Hapus
  7. kalau proses pembuatan garamnya mbak susi tau gak? bagi2 ceritanya dong mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahunya sedikit mbak. Bisa kutanyakan nanti-nanti kalo ke sana. lumayan sering lewat karena jalur alternatif paling asyik kalo ke rumah emak-bapak di demak.

      Hapus
  8. apakah ini sekaligus promosi juga?? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo promo garam sih tidak, kalo promo kota Jepara, Iya!

      Hapus
  9. Saya baru tau Jepara produksi garam, taunya cuman furniture

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jepara sebenarnya kota UKM. semua sentra Industri ada di sini. sentra mebel, konveksi, makanan kecil, kain tenun, minyak atsiri, perikanan, gerabah, ukir, monel, masih ada banyak lagi.

      Hapus
  10. Desa penghasil garam di Jepara tempatnya bagus, dan dapat di jadikan sebagai tempat destinasi wisata bahari yang menyenangkan. Baik dari wisata oservasi alam dan wisata edukasi yang dapat di angkat dengan memperkenalkan potensi yang ada di daerah setempat ya Mba, semoga pemerintah dan masyarakat dapat melihat potensi yang besar di lokasi tersebut dan dapat di optimalkan.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. saya juga pengen banget potensi wisata di Jepara dikelola dengan baik. desa saya jauh dari tambak garam, tapi dekat sekali dengan dermaga ke Karimun/pantai. layak jadi desa wisata.

      Hapus
  11. biasanya kalau dgr kata garam, yg lgs muncul di [pikiran adalah Madura sbg kota penghasil garam.

    Ternyata di JEpara ada juga desa penghasil garam g berkualitas ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. di daerah jawa ada banyak tambak garam, kelihatannya di semua pesisir. bahkan yg ditengah seperti purwodadi juga ada, loh.

      Hapus
  12. Met malam mba,
    Saya mengenal Jepara sebagai kota ukiran. Ternyata rupanya penghasil garam juga ya.
    Foto-fotonya cukup menggambarkan tambak garam dan kesederhanaan kehidupan masyarakat disana. Ingin kapan-kaan saya berkunjung kesana...

    Salam,

    BalasHapus
  13. Selain penghasil garam . masih banyak lagi tempat wisata buat observasi alam nya loo ..
    soalnya ane orang jepara sndiri hehe
    good information . :)

    BalasHapus