Report Abuse

Hari Sklerosis Ganda, Mengapa Diperingati?

Kalau tanya tanggal 30 Mei hari apa, jawaban salah satunya adalah Hari Sklerosis Ganda. Apa itu dan mengapa diperingati?

Hari Sklerosis Ganda, Mengapa Diperingati?



Apa itu sklerosis ganda

Pertama kita perlu tahu apa itu Sklerosis ganda atau biasa disebut multipel sklerosis. Sebuah penyakit berhubungan dengan rusaknya selubung mielin yang menutupi sistem saraf di sumsum tulang belakang dan otak.

Masih bingung? Mielin adalah pembungkus akson atau serabut syaraf di otak. Keduanya dapat diibaratkan kabel listrik yang bertugas menghantarkan listrik. Ke mana? Ke otak tentunya. Mudahnya, akson adalah kabel listrik dan mielin adalah pembungkus kabelnya. 

Sklerosis Ganda, mielin dan bahayanya


Mielin membungkus akson seperti irisan bawang merah, karena berlapis-lapis. Akson sebagai serabut saraf sangatlah tipis sekali. Tugasnya membawa impuls saraf dari neuron (sel saraf) ke neuron lain. 

Kalau bingung, neuron adalah penerima input sensorik, yang mengirimkan perintah motorik ke otot, dan mengubah serta menyampaikan sinyal listrik di seluruh proses ini. Makanya jika ada gangguan atau kerusakan mielin menyebabkan sklerosis ganda.

Sayangnya belum diketahui penyebabnya. Sementara hanya dikenali dari adanya lesi atau plak yang menyebabkan kerusakan pada mielin. Apakah dari genetika atau infeksi, atau malah dari disfungsi sel. ... masih perlu diteliti.

Gejalanya meliputi kejang otot, masalah bicara dan menelan, masalah koordinasi dan keseimbangan, depresi, perubahan suasana hati, dan sebagainya. 

Sklerosis ganda juga disebut encephalomyelitis diseminata. Dikategorikan sebagai penyakit kronis atau penyakit kambuhan. Penelitiannya sangat lambat, sehingga sampai sekarang bahkan tak diketahui penyebab pastinya. Gejalanya meliputi kelemahan otot, penglihatan ganda, dan masalah mental/fisik. Ini salah satu alasan mengapa perlu hari khusus untuk memperingati.


Hari Multiple Sclerosis Sedunia

Pada tahun 1967, sebuah badan khusus untuk penyakit sklerosis ganda didirikan dengan nama Federasi Internasional Multiple Sclerosis (MSIF). MSIF inilah yang pertama kali merayakan Hari Multiple Sclerosis Sedunia. Tepatnya pada tahun 2009.

MSIF berkoordinasi dengan organisasi sklerosis ganda nasional dari banyak banyak negara. Sebut saja Turki, Slovakia, India, dan AS. Masih banyak yang lainnya. Setidaknya 3 negara di atas bisa disebut sebagai perintis. 

apa itu Sklerosis Ganda


Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebabnya dan belum ada obat yang permanen. Hanya dalam bentuk mengurangi gejala. Hari Sklerosis Ganda atau Hari Multiple Sclerosis merupakan upaya untuk menyatukan seluruh perjuangan melawan penyakit kronis "misterius" ini sehingga perayaan tahun 2020-2022 mempunyai satu tema yaitu 'Connect.' 

Harapannya agar bisa terjalin hubungan satu sama lain dan penyebaran kesadaran atau awareness tentang penyakit ini. Pasalnya ada sekitar 2,8 juta orang menderita MS setiap tahun. Memang bukan jumlah fantastis akan tetapi sangat penting untuk mencegahnya menjadi penyakit genting.


Sumber bacaan:

https://nationaltoday.com/world-multiple-sclerosis-day/

https://nasional.kompas.com/read/2023/05/29/00000001

Newest Older

Related Posts

Post a Comment